Blog

Headphone Dj

Hy guys, selamat datang di blog gw,

hari ini , gw akan membahas sedikit tentang beberapa merek headphone dj yang paling sering digunakan oleh temen-temen kita yang berprofesi sebagai Disc jockey pastinya. Bagi seorang Dj, wajib banget nih guys untuk punya benda yang satu ini, ya kali Dj ga punya Headphone, haha. karna alat ini adalah benda yang  sangat penting saat kita perform di atas panggung.

Oh iya guys, jangan sembarangan ya dalam memilih headphone untuk performance kamu, sebab Headphone Dj dibuat dengan beberapa fitur  yang mungkin tidak ada pada Headphone biasa guys, seperti contohnya:Build Quality, Loudness, Flexibility, Cable, Sound quality, dan Isolation. itulah sebabnya kenapa Headphone Dj Harganya lebih mahal  dibandingkan Headphone pada umumnya. Nah, kalau kamu masih bingung dengan Istilah diatas, di bawah ini akan dijelaskan sedikit tentang fitur-fitur tersebut.

dj

1 .Build quality

Headphone Dj pada umumnya dibuat lebih kuat dibanding Headphone biasa, ini karena mereka dipakai lebih kasar dan disiksa oleh majikanya saat penampilan di atas panggung, Club ataupun event. karena para Dj pada umumnya sangat ekspresif dalam menunjukan  suasana hatinya di atas panggung. Maka dari itu, Headphone Dj harus tahan banting, dan tidak mudah patah atau rusak.H06-anika2 .Loudness

Headphone DJ pada umumnya harus bisa mengeluarkan suara yang kencang/keras tanpa distorsi pada suara. Karakter ini yang biasanya tidak ada pada Headphone biasa,karena fitur ini tidak begitu diperlukan untuk Headphone yang biasa dipakai untuk menikmati lagu saja.

DJ bekerja di tempat yang suaranya cukup kencang/keras, dan perlu bantuan Headphone yang bisa mengeluarkan suara yang kencang/keras juga untuk mendengarkan lagu berikutnya. Headphone biasa bisa juga kencang/keras, tapi akan mudah distorsi pada volume tinggi.

flexible.png

3 .Flexibility

Headphone DJ pada umumnya lebih fleksibel dibanding Headphone biasa, dikarenakan DJ pasti sering memakai dan membuka headphonenya setiap beberapa menit untuk mixing lagu dan mendengarkan lagu yang diputar di speaker. Ada banyak DJ juga yang mengunakan Headphonenya untuk One-Ear Monitoring.

Karena Headphone sering ditarik/ditekuk maka Headphone yang dipakai DJ harus dibuat oleh bahan yang flexible dan tidak mudah patah

cable

4 .Cable

Kabel yang dipakai oleh Headphone DJ lebih tebal dibanding kabel Headphone biasa, agar kabelnya tidak mudah patah/rusak/sobek. Ingat Headphone DJ pada umumnya dipakai untuk kerjaan kasar. Kabel yang dipakai juga harus mampu menyalurkan daya suara yang besar ke speaker headphone.

Lalu, pada umumnya, kabel pada Headphone DJ adalah “Coiled Cables” – kabel yang ulir seperti kabel telepon jaman dulu. DJ2 sering mondar mandir di DJ Booth mereka – untuk mencari lagu di laptop/CD Case, untuk minum, dll. – dan Headphone biasanya selalu berada pada leher mereka – jadi mereka butuh kabel yang panjang tapi tidak sering berbelit. Maka itu, kebanyakan DJ suka menggunakan Headphone dengan “Coiled Cables”

sound.jpg

5 .Sound quality

Sound Quality pada Headphone DJ sebetulnya penting tidak penting. Headphone DJ sebetulnya tidak butuh kualitas suara yang luar biasa bagusnya, karena pada saat bermain, sound quality bagus pada Headphone tidak begitu penting, yang penting Sound Quality dari Headphone itu harus cukup bagus agar DJ bisa mendengarkan lagu berikutnya dengan jelas. Karakter suara yang penting pada Headphone DJ adalah:

Bass – DJ membutuhkan Suara Bass yang cukup nendang, agar bisa Beatmatching lagu dengan mudah.

Neutral – Karakter Suara Netral tidak begitu penting bagi semua DJ, tapi jika DJ ingin mendengarkan bagaimana seharusnya lagu itu bersuara, menurut artis yang membuat lagu tersebut – maka dibutuhkan Headphone yang mempunyai karakter suara netral.

Instrument Separation – Instrument Separation atau separasi suara instrumen sangat penting untuk Headphone DJ, karena DJ akan mendengarkan 2 lagu atau lebih didalam headphone. Bila Headphone yang dipakai tidak mempunyai Instrument Separation yang bagus, maka lagu akan terdengar berantakan, dan akan susah mengidentifikasi instrumen mana punya lagu yang mana.

6 .Isolation

Headphone DJ pada umumnya lebih kedap dibanding Headphone biasa, karena digunakan pada tempat yang bising. Headphone dengan isolation/kekedapan yang bagus membuat DJ tidak perlu mengencangkan volume terlalu besar pada Headphone untuk mendengarkan lagu berikutnya.

Headphone dengan isolation bagus juga akan menjaga kuping agar tidak cepat capek/rusak/tuli untuk jangka waktu lama.

Nah, barangkali kamu sedang mencari info atau referensi untuk membeli Headphone Dj, Mungkin kamu bisa baca dulu blog ini guys.langsung aja cekidot

1.Technics RP-DJ1200

Technics

Headphone yang satu ini merupakap bagian dari Digital Technics RP-DJ1250 dan rangkaian Technics RP-DH1250. Tampil elegan dengan warna hitam dan ungu, Memiliki diameter 50mm dan berat 3.0kg, bisa menangani daya input tinggi hingga 3.500 mW.  sangat mudah mendengarkan dengan satu telinga karena bisa diputar dan dimiringkan.bantal telinga yang berkualitas dan lembut sehingga  sangat bagus dan nyaman untuk dipakai.Technics RP-DJ1200 dilengkapi dengan sejumlah fitur sebagai berikut :

  • Menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas tinggi bahkan pada volume yang sangat tinggi
  • High input & Wide Frequency Range Driver
  • Unit pengemudi 41mm
  • Respon Frekuensi 8Hz – 30 kHz
  • Folding Swim Arms
  • Dapat dilipat dengan Mudah
  • Disertai dengan kantong sehingga mudah dibawa

2. V – MODA CROSSFADE M-100

V MODA 2

Penampilan  dasar V – MODA CROSSFADE M-100 tidak banyak berubah dari M-80 tahun lalu. memiliki kabel Easyshare yang memungkinkan untuk menyambungkan Headphone lain ke sumber suara yang sama. contohnya saat kamu dan pacar kamu berada di dalam pesawat dan ingin menoton film yang sama di perangkat kamu, maka fitur ini akan sangat berguna.

3. Pioneer HDJ-2000

hdj-2000-main

Headphone ini memiliki bantalan telinga yang lembut sehingga sangat  pas dan nyaman untuk digunakan. Memiliki desain yang dinamis dan Futuristik sehingga  bisa meningkatkan performa kamu di atas panggung. Terdapat tiga varian warna, yaitu Hitam, Putih dan Silver. dengan diameter 50mm, Jack mini stereo 3,5mm dan berat 290g.

4. Pioneer HDJ-500

HDJ-500

Dengan tampilan dan desain yang sederhana namun bergaya, Headphone satu ini sangat cocok untuk dipakai sehari – hari maupun untuk Penampilan kamu di atas panggung. Memiliki diameter lingkaran 40mm, Jack mini stereo 3,5mm dan berat 195g. Jika kamu ingin mencari Headphone Dj pertamamu, mungkin HDJ-500 satu ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam salah satu daftar keinginanmu.

5. Sony MDR-V55

sony3

Siapa sih yang ngga kenal dengan merek yang satu ini, mulai dari gadget, Tv, Kamera dan lain-lain. Tak ketinggalan dengan yang satu ini, Salah satu produk Headphone keluaran sony adalah Sony MDR-V55. dengan desain yang cantik dan pilihan warna yang solid sehingga sangat cocok untuk dipakai oleh dj siapapun dan akan sesuai dengan kamu yang ingin tampil gaya di atas panggung. seperti Headphone lainya, Sony MDR-V55 bisa dilipat sehingga memudahkan kamu untuk menyimpan dan memasukanya ke dalam tas

Sekian dulu yah genks sedikit ulasan tentang Headphone dj dari gw, mudah-mudahan nanti kalau ada waktu gw akan lanjutin dengan buat blog dengan info yang lainya. semoga bermanfaat yah gengks.

Advertisements